Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Tutorial DIY Storage Shelves, Gampang Bikin Rak Multifungsi

by - Saturday, July 30, 2016

Holaaa... dari minggu lalu udah kepikiran aja soal prakaryaan yang mau di-post, perasaan sih banyak banget idenya, cuma pas kemarin niat dieksekusi tiba-tiba kabur semua. Ada sih yang nyangkut, kenanya malah gagal maning gagal maning. Aku jadi belajar untuk bikin kerangka konsep nih, biar lebih rapi aja sih.


Oke, minggu ini aku bakal kasih tau cara bikin rak multifungsi yang simple dan portable, bikinnya dari kardus aja, dan nggak akan ribet aku jamin. Kamu bisa taruh ini dimana, untuk apa, dan bagaimana bentuknya, SABEB a.k.a bebas. Yuk langsung dibikin ;)


Kamu hanya butuh:
  • Karton dus
  • Gunting
  • Cutter
  • Pulpen
  • Penggaris
  • Opsional: kertas (jenis apapun) dan lem

Bikinnya gini:

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan! Kertas dipakai buat nutupin kardusnya, punyaku kertas bekas polos, kamu bisa pakai yang berwarna atau bermotif. Up to you :p


2. Potong kardus dari bagian yang nggak penting, yang kita butuhkan bentuk perseginya, biar gampang sih.


3. Gambar garis untuk polanya dengan ukuran yang sama satu dengan yang lain, aku bikin 8 pola dengan ukuran masing-masing 26 x 5 cm.


4. Tutupi kardus yang sudah dipotong-potong tadi dengan kertas.


5. Buat sekat pada tiap potongan kardus tersebut, usahakan posisinya sama semua ya.


6. Lakukan hal yang sama pada potongan kardus lainnya, saranku kamu bisa bagi dua jumlah potongan kardus dan bikin sekat dari arah berlawanan (atas dan bawah).


7. Rangkai potongan-potongan tadi dengan menyatukan antara sekat.


8. Jadi deh ya! Gampang banget nggak sih?


Aku suka prakarya yang satu ini, karena hasilnya rapi sesuai dengan ekspektasi, hahaha. Oh iya, kamu bisa tambahkan washi tape biar nggak polos banget, atau bikin kotak dengan jumlah menurut selera kamu. Mau diberdirikan, oke. Mau ditidurkan, oke juga. Terus kenapa aku bilang portable karena bentuknya bisa dibikin persegi atau malah bujur sangkar, suka-suka deh ya.


Kamu tergerak bikin juga nggak? Hehe, kalau iya, jangan lupa colek aku di twitter/instagram/facebook @asysyifaahs ya, pakai #diywithacipa biar seru. Minggu depan mau bikin apa ya? Aku udah ngekos, btw, ahzek xD

You May Also Like

15 komentar

  1. Halloo Asyifa, suka deh raknya..aku pengen bikin diy sekat2 gini buat atk, tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, makasih Mbak ^^ Iya boleh dicoba tuh Mbak, biar lebih rapi dan organized juga :') Selamat mencoba ya...

      Delete
  2. ingat susunan kardus apaa gitu.. ah mau nyoba aah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak susunan kardus buat gelas ya Mbak? Hehe, boleh diadopsi nih buat rak alat tulis atau aksesoris ;)

      Delete
  3. Cieee jadi ngekos dimana cip?
    Bagus juga ya ini raknya buat hiasan xD
    Aku ga punya barang kecil2 gitu sih xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Taman Hewan, Teh, belakang bonbin. Ayuk main-main *jgn deng kosan aku mini*

      Jadi hiasan juga boleh, bentuknya tinggal diutak-atik aja :D

      Delete
  4. wah asyiknya berkarya dan menikmati hasilnya yang kece

    ReplyDelete
  5. Kreatif mba, boleh banget neh dicoba bikin raknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mbak, hasilnya useful banget buat di rumah hehe xD

      Delete
  6. cipaaaa ih suka deh kalo udah bikin post diy gini huehehe. bikin kayak gitu buat tempat lipstik lucu kayaknya.. ngg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, boleh tuh, tinggal kasih alasnya juga bisa Kak Des :D

      Delete
  7. Wah bagus nih mba diy nya, mau coba buat, hehehe

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa