Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Bikin #ResolusiRamadhan Berbeda Positif Yuk!

by - Saturday, May 27, 2017

Marhaban Ya Ramadhan... Alhamdulillah ya nggak kerasa ini hari pertama kita ngejalanin bulan Ramadhan 1438 H. Gimana nih perasaan temen-temen dikasih kesempatan mengecap bulan puasa lagi? Seneng dong ya pastinya, Alhamdulillah 😇

Tapi, aku pengen nanya deh, gimana sih rasanya kalau seandainya ini jadi Ramadhan terakhir kalian? Dan apa yang bakal temen-temen lakuin untuk ngebuat Ramadhan tahun ini "berbeda positif" dibanding Ramadhan tahun-tahun sebelumnya yang pernah kalian jalani? Boleh lho dijawab di kolom komentar.

Sumber: Brotherhood Arts

Beberapa hari yang lalu, aku baru dapat handbook Extraordinary Ramadhan, disitu pembukanya bikin #jleb banget. Dan pembuka itulah yang akhirnya bikin aku mikir keras, kalau ini jadi Ramadhan terakhirku, aku harus gimana? Cemas? Takut? Atau ngapain, ya kan?

padahal boleh jadi,
itu adalah
ramadhan
terakhirmu!
Sebab, tidak semua orang
berkesempatan
mendapatkan kembali
Ramadhannya!
Dan kau sungguh
beruntung! Berkesempatan
hingga detik ini. Ayo!
jangan sia-siakan
kesempatan ini!

Let make your
                          extraordinary
        ramadan!


Yang paling bikin aku makin sadar lagi adalah, ternyata kalau dipikir-pikir, selama 16 tahun ke belakang aku ngejalanin Ramadhan, nothing special yang aku lakuin. Mungkin ada sih beberapa, tapi nggak begitu kerasa feel-nya, masih kurang konsisten, dan aku nggak ngerasa puas. Maksudku, aku bisa ngelakuinnya lebih baik, kalau aku mau.

Dulu, aku berniat untuk mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an dalam satu bulan, tapi hasilnya... aku cuma bisa nyelesaiin beberapa juz dan itupun baru selesai di luar bulan puasa. Nggak cuma itu, ada amalan-amalan lain yang kuharapkan bisa makin meng-upgrade diri tapi semangatnya makin lama makin padam, dan akhirnya harus puas dengan 'hasil seadanya'.

Makanya di Ramadhan kali ini, aku pengen banget bikin #ResolusiRamadhan. Iya, sama halnya kayak resolusi-resolusi yang dibikin pas awal tahun, nah ini bikinnya di awal Ramadhan. Resolusi ini diusahakan I'M SMART a.k.a Impactful, Spesific, Measurable, Action-oriented, Realistic, dan Time-bound. Kenapa ini penting? Biar aku sadar dan sabar ada target yang pengen aku raih selepas Ramadhan ini selesai. Kan, mengandaikan kalau ini bakal jadi Ramadhan terakhir dan pengen Ramadhan yang berbeda positif juga, inget kan?

Biar seru, aku juga mau ajak nih temen-temen untuk berkomitmen juga terhadap Ramadhan kalian masing-masing. Nggak harus yang ngeberatin kalian, tapi temen-temen percaya dan yakin bahwa target tersebut bisa, pasti bisa, dan harus bisa tercapai selama Ramadhan ini. Penting juga buat mecahin target-target tersebut lewat 5W1H dan kriteria I'M SMART, biar kalian nggak ngerasa kewalahan dan makin pede bisa nyelesaiinnya.

Yuk, lakukan #ResolusiRamadhan yang berbeda positif juga bareng-bareng. Biar energinya makin kerasa karena ada temen-temen yang mau berkomitmen bersama. Share di kolom komentar soal #ResolusiRamadhan kalian juga boleh lho.

Salam,
Acipa

You May Also Like

6 komentar

  1. Bener mba.. selama ramadhan tahun2 yang lalu rasanya dilewatkan begitu aja.. cuma mikirin mau buka sama apa.. beli baju lebaran dimana.. dan lain-lain.. uang habis ga karuan ya.. mungkin resolusiramadhan tahun ini harus lebih banyak bersedekah kali ya.. InsyaAllah ^^ nice post mba.. thanks for remind me..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, kadang kita seringnya ngelewatin Ramadhan dengan mikirin gimana lebaran ntar, sering aja kelupaan proses yang dijalani untuk dapet hari yang fitri itu. Amin... semoga sedekahnya jadi #ResolusiRamadhan yang berkelanjutan ya ^^ Semangat..

      Delete
  2. haiii.. aku main kesini nih, hehe namanya mirip sama aku sih. salam kenal ya acipa.

    bener, menjalani bulan istimewa memang mensti dipersiapkan, setiap ibadah mesti kita jalani lebih baik lagi. Semangat puasa di kosan yaah.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Shiva ^^ Iya nih, perlu pinter buat survive karena puasaan jauh dari orang rumah.

      Delete
  3. Gimana caranya buat domain sendiri? Beli kak?

    ReplyDelete
  4. Gimana caranya buat domain sendiri? Beli kak?

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa