Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Ramadhan-nya Anak Kos, Wajib Banget Mandiri

by - Sunday, May 28, 2017

Hari kedua puasa nih, gimana masih pada lancar kan? Semoga Allah jaga terus semangat kita sampai akhir untuk dapat merasakan hari kemenangan ya. Amin...

Dan di hari kedua ini juga, for the first time in my life... puasa jauh dari orang rumah. Hmm, gimana ya, seingatku aku nggak pernah ngejalanin puasa sendirian, maklum baru kali ini ngerasain jadi anak kos dan artinya buka puasa dan sahur harus mandiri nih.

Sumber: Brotherhood Arts

Jadi, kebetulan beberapa hari di bulan Ramadhan ini ada kegiatan yang harus aku lakukan di kampus, sifatnya wajib-wajib berfaedah sih. Makanya, meski kemarin Senin pulang untuk ngejalanin hari pertama puasa bareng keluarga, tapi setelahnya harus langsung balik lagi. 

Aku nyampe di kosan pas sore gitu, waktu-waktu ngabuburit tapi sebenarnya agak mager keluar karena harus beres-beres dan nyiapin spek buat kegiatan besok. Untungnya nih, Mamahku bawa sedikit makanan buat stok selama beberapa hari ke depan, lumayan lah karena aku emang belum tahu kalau bulan puasa gini, warung deket kos buka atau nggak *pasti ada aja yang buka sih cip -_-*.

Terus, karena masjid di deket kos lebih banyak diisi jamaah laki-laki, makanya aku mutusin buat tarawihan di Masjid Salman ITB. Jaraknya nggak jauh kok dari kos, cuma emang kerasa beda aja gitu persiapannya. Kalau di rumah, aku pake baju tidur terus langsung pakai mukena dan bawa sajadah aja udah paling siap berangkat. Kalau disini, biar lebih enak dilihat, makanya pake baju yang rapi, pake sepatu (di rumah, sendal aja jadi kan ya), ditambah ngegendong kantong berisi Al-Qur'an, botol yang bakal diisi air kalau nyampe Salman, dan alat tulis karena ada juga ceramah tarawihnya.

Wiiih, sebagai yang baru tarawihan di luar masjid di kampung, aku antusias banget. Biasanya kalau di masjid deket rumah, tarawih 23 rakaat (termasuk shalat witir), kalau disini cuma 11 rakaat. Bedanya, dari panjang-pendek bacaan surahnya, kan kalau di rumah surah-surahnya nggak jauh dari Adh-Dhuha sampai An-Naas, hihi.

Nah, yang harus dihadapi sekarang adalah, gimana caranya sahur nanti? *ya sahur mah gitu-gitu aja cip* Aku takut kalau bangunnya telat, nggak tau makan apa, atau nggak tau apa warung deket kos pas jam sahur buka juga atau nggak. Hectic sih emang, tapi Alhamdulillah tadi abis tarawihan, ketemu temen kampus dan nyari tau kalau ternyata kantin di Masjid Salman selama bulan puasa ini buka dari jam 02.00 - 05.00 dan dari 16.00 - 21.00 (pas tarawihan, tutup dong).

Sumber: Akun instagram P3R Salman ITB @ekspedisiramadhan

Oh iya, kalau di antara temen-temen nih kebetulan pengen buka puasa, Masjid Salman ITB insyaAllah nyediain makanan gratis setiap hari di bulan puasa, bisa sampe 1000++ porsi lho. Bahkan, tadi aja, pas abis tarawihan, kayaknya masih ada beberapa kotak nasi tuh. Jadi, kalau lagi mau buka tapi gak tau harus beli apa, mlipir aja ke Salman (dan sebagian masjid besar di Kota Bandung) insyaAllah mereka welcome banget untuk bagi-bagiinnya.

Well, hari ini aku lagi pengen cerita karena emang nggak ngide nulis yang inspiratif. Tapi, semoga kalian yang juga baru pertama kali (atau entah kesekian kalinya) puasa jauh dari orang rumah, harus puasa sendirian dengan bertanya-tanya nanti buka atau sahur gimana, jangan khawatir, asal mau gerak dikit aja, pasti Allah kasih kamu jalan, salah satunya lewat masjid-masjid yang ngebagiin makanan berbuka gratis itu. So, semangat buat kita yang baru survive ini ya, semoga kita bisa ngejaga niat puasa ini karena Allah. Amin...

Love,
Acipa

You May Also Like

2 komentar

  1. Enak ya di Indonesia mayoritas masyarakatnya muslim, jadi misal kita sedang dalam perjalanan atau jauh dari rumah mudah untuk mendapatkan tempat untuk berbuka dan salat. Di sini hanya ketika berhenti di wilayah komunitas muslim saja, ada rumah makan yang memberi gratis makanan untuk berbuka dan tempat untuk salat.

    ReplyDelete
  2. kalau ngekost ingat zaman waktu ngekost dulu

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa