Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Guest Posting: Ramadhan ala Amalia

by - Monday, June 22, 2015

Halo, Amalia! Dia adalah temanku waktu kelas 8 SMP, santri yang dulu bilangnya nggak betah sekarang mah udah ngerasa nggak mau pulang ke rumah di Cipasung, yang hari ini bakal cerita sedikit sama kita soal kehidupan bulan Ramadhan-nya di pesantren. 


Ini Amalia, EXO-L juga :D

Hai teman-teman, aku Amalia, seneng bisa nulis di blog ini *padahal mah yang nulis si Asyifa!*. Oke, mungkin bagi kalian yang belum pernah denger tentang pesantren, pasti beranggapan santri itu agamis banget, beda lah kehidupannya sama orang-orang biasa yang tinggal di luar sana. Padahal nggak kok, kita juga manusia kekekekek~

Apa sih enaknya tinggal pesantren, padahal bulan Ramadhan ini baiknya kumpul sama keluarga di rumah ya kan? Tapi buat kita nggak, kita harus stay di pesantren. Penasaran gimana kehidupan kita para santri di pesantren pada saat bulan Ramadhan ini ? Oke kita mulai.

Nah, kalo setiap bulan Ramadhan ini kegiatan pengajian di pesantren itu semakin padat atau biasa disebut dengan istilah pasaran. Maksudnya padat gimana? Kegiatan pengajian kita itu jadi lebih ditambah, kalo di pesantren aku sendiri sih waktunya 2 kali, dari mulai ba'da Dzuhur hingga sekitar pukul 04.30 dan ba'da shalat Terawih (sekitar jam 8 lewat) hingga pukul 11. Lama kan ? Yahhh namanya juga pasaran. *yaah, namanya juga anak santri—edisi voiceover*

Terus kalo ngaji malam nya jam segitu shalat terawihnya gimana dong? Kalo di pesantren aku nih ya, shalat terawihnya tuh super cepet. Cepeeeeeet banget saking cepetnya karena kita kan ngejar waktu ngaji. Gapapa kan ya, buat nyari ilmu juga. Terus biasanya kalo kegiatan pasaran itu suka ada orang-orang yang ngikutin kegiatan itu meskipun bukan santri mukimin di pesantren tersebut. Jadi mereka cuma ikut kegiatan pasaran selagi bulan Ramadhan aja, setelah bulan Ramadhan usai ya mereka udah nggak bermukim di pesantren lagi. Ya, semacam orang yang nebeng sanlat biar menuh-menuhin buku Ramadhan, iya nggak sih Mal?

Kalau kegiatan paginya, gimana tuh? Di pesantren aku kegiatan paginya biasa kita isi dengan kultum ba'da shalat Subuh berjamaah. Pengisinya dari santri mukiminnya sendiri, giliran sesuai jadwalnya. Jadi kita udah belajar jadi pengisi materi selagi menjadi santri, nggak hanya menjadi pendengar. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan sekolah sesuai sekolah masing-masing. Fyi, di pesantren Amalia ini ada sekolah formalnya juga kok :D

Kalo sorenya, kita biasa melakukan kegiatan patrol sore (bersih-bersih asrama dan rumah asatidz) dan jalan-jalan sore sambil beli makanan untuk ta'jil dan buka puasa. Kegiatan patrol juga nggak setiap hari dilakukan oleh setiap santri. Seperti biasa, kita diberi jadwal. Jadi, petugas patrol setiap harinya berbeda-beda.

Pada saat bulan Ramadhan kegiatan shalat berjamaah pun hanya kita laksanakan selama 3 waktu. Yaitu Subuh, Maghrib, dan Isya. Karena waktu shalat Dzuhur dan Ashar-nya kegiatan pengajian sedang berlangsung. Wah, berarti pesantrennya Amalia aliran wahabiah dong? *ditampol* Haha, nggak lah maksudnya shalat Dzuhur dan Ashar-nya disatukan dengan kegiatan pengajiannya juga.

Ini sama teman-teman pesantrennya ya? - Sumber: Instagram @amaysss_

Nah, itu tadi ceritanya Amalia soal kehidupan Ramadhan-nya di pesantren. Well, makasih ya Amal udah cerita disini. Semoga teman-teman pembaca blogku bisa dapat manfaat yang baik dan tertarik untuk ikut kegiatan pasaran tersebut. Bagus kan demi cari barokah di bulan Ramadhan ini?

Hmm, kamu pernah ikut kegiatan Ramadhan di pesantren seperti Amalia juga? Yuk, ceritakan di kolom komentar :D



by.asysyifaahs♥

You May Also Like

10 komentar

  1. Kok fotonya di UIN?? *salah fokus*
    Aku mah apa atuh waktu SMA da ngga berasa pesantren. Boarding school biasa aja :))
    Ngga begini begini amat.. haha xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya, Teh Fira anak UIN juga ya? Waktu seminar katanya...

      Boarding school mah lebih modern atuh ya :D

      Delete
  2. haloo..
    ah kalaau bahasan mengenai pesantren ini memanglah.. bikin rindu//dulu pernah nyantri juga


    btw follbek ya . http://mutheas.blogpsot.com

    ReplyDelete
  3. follback blog saya ya mak http://republiknindy.blogspot.com/ #KEB

    ReplyDelete
  4. saya pernahnya cmn pesantren kilta yg 2 hr :D

    ReplyDelete
  5. Salut deh sama orang2 yg ikut pesantren. Salah satu cita2ku dulu yang gak kesampean...

    Izin ikut folow-folowan blog, ya. Dan blognya sudah kufollow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak pernah minat pesantren, adikku malah semangat. Hehe... Tularkan untuk anaknya aja, Mak :)

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa