Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Jadi Duta Remaja?

by - Sunday, February 16, 2014

Source : here
Berbicara mengenai isu yang berkembang sekarang, mungkin banyak yang lagi kekinian, mulai dari isu politik, sosial, budaya, atau lingkungan. Namun, dari semua isu yang ada, aku lebih tertarik membahas isu yang berkaitan sama remaja.

Remaja itu apa sih? Katanya, remaja itu masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa, masa yang rentan terkena labil dan masalah-masalah seputarnya. Dan TRIAD KRR adalah salah satu masalahnya.

Apa itu TRIAD KRR?

TRIAD KRR adalah Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja yang meliputi NAPZA, HIV-AIDS, dan SEKS BEBAS. Nah tuh, apaaan lagi? NAPZA adalah singkatan dari Narkoba, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. HIV-AIDS adalah Human Immunodefiency Virus yang menyebabkan Acquine Immuno Deficiency Syndrome. Dan Seks Bebas adalah hubungan seks di luar pernikahan yang bisa menyebabkan pelakunya terkena penyakit seks.

Beberapa kali aku ikutan acara yang berkaitan sama kegiatan remaja, kebetulan acaranya nggak hanya sekedar lingkup kecil aja, kadang ngadain pertemuan bareng komunitas-komunitas lainnya. Pernah satu kali kami berkumpul di salah satu mall di Jakarta, awalnya sih nggak sengaja ketemu, eh akhirnya malah jadi ngode, alias ngobrolin ide. Ibaratnya, sambil menyelam minum nata de coco pakai sirup marjan, bakal kerasa nikmat banget *oke ini nyebutin produk*.

Ada juga nih para Duta Remaja, Duta Kanker Serviks, sama Duta Narkoba, yang tugasnya adalah mengkampanyekan gerakan positif bagi remaja. Dari kesemuanya, tentunya para duta ini dituntut untuk berani bicara ke khalayak ramai, agar pesan yang disuarakannya dapat didengar. Salah satunya, Olivia Jensen yang jadi Duta Kanker Serviks. Baginya, ini nggak jadi beban, karena proyek sosial. Ia jadi banyak belajar dan bisa berbagi pengetahuan dan peduli sama orang-orang yang mungkin nanti bisa mendapatkan resiko tersebut.

Aku juga bukan seorang yang jago bicara, tapi dari contoh pemilihan duta ini, aku belajar biar apa yang ingin disampaikan mudah dipahami dan dimengerti banyak orang. Nggak mau dong, capek-capek bicara malah cuma ditanggapi dengan ‘oh’?

http://rodamemn.wordpress.com/?blogsub=confirmed#blog_subscription-3

You May Also Like

2 komentar

  1. posisi duta itu memang dinilai mampu mengajak atau memperkenalkan suatu hal yang bermanfaat buat banyak orang ya, trmakasih sudah "berani bicara" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Tapi tanpa kita jadi 'duta' pun, kalau kita memang berani bicara kayaknya mempengaruhi orang lain untuk bisa paham, mungkin bisa :))

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa