Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

#1Hari1Ayat Hari ke-9 (Q.S. Adz-Dzariyat [51] : 56) “Tujuan Penciptaan Jin dan Manusia”

by - Thursday, January 09, 2014



“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.”
(Q.S. Adz-Dzariyat [51] : 56)

Sebenarnya, buat apa sih kita hidup di dunia ini? Pernah tahu tujuan hidup diri sendiri apa? Apakah untuk kaya? Pintar? Cantik? Hidup untuk mati? Atau ingin masuk surga? Bagaimana mungkin kamu bisa tahu tujuan hidup, kalau kamu sendiri nggak tahu untuk apa kamu hidup.


Iya, Allah menciptakan kita tidak untuk membutuhkan kita. Allah menciptakan kita agar kita beribadah kepada-Nya. Kita nggak lagi dipersulit dalam beribadah. Salah satunya shalat, tinggal ambil air wudhu dan laksanakan shalat dengan sebaik mungkin.

Dengan shalat, melaksanakan lima waktu dalam sehari, 17 rakaat, bahkan dalam satu waktu tak menghabiskan berjam-jam lamanya kok. Paling tidak sekitar 10 sampai 20 menit, kita bisa menyelesaikan shalat. Bayangkan, dari 24 jam, kita hanya butuh kurang lebih 2 jam untuk melaksanakan shalat wajib. Hanya satu-per-dua-belas. Lantas, dikemanakan sisa 22 jam itu?

Seharusnya, waktu 24 jam 7 hari 4 minggu 12 bulan dan bertahun-tahun lamanya itu adalah waktu yang kita gunakan untuk terus beribadah kepada-Nya. Tapi tetap, ibadah yang dimaksud adalah segala sesuatunya yang diniatkan dan ikhlas hanya karena Allah, bukan semata-mata karena ingin mendapatkan sesuatu yang sifatnya sementara, misalnya.

Ibadah yang dimaksud disini, juga nggak selalu bersinggungan dengan hal yang berkaitan dengan akhirat. Ibadah juga bisa dilakukan dalam hal apa aja, baik itu bidang sosial, hukum, politik, ekonomi, budaya, lingkungan, dan bidang-bidang kehidupan lainnya.

Mau kasih ilustrasi sedikit boleh? Sedikit konyol memang, tapi monggo dibaca dulu :D

Pernah belajar Biologi kan? Itu lho, salah satu cabang ilmu Sains yang kita pelajari di sekolah menengah. Biasanya, kalau di SD, pelajaran ini digabung dengan cabang Kimia dan Fisika yang kita sebut Sains atau IPA alias Ilmu Pengetahuan Alam.

Di kelas 10 ini, materi-materi yang dibahas itu tentang makhluk-makhluk hidup. Salah satu materinya adalah bab tentang Virus *tapi virus bukan makhluk hidup secara biologi*. Secara yang kita tahu, virus itu lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Nah, konyolnya, Syifa tanya ke guru Biologinya, “Bu, kalau virus merugikan, terus kenapa diciptakan untuk hidup di dunia?” Secara Biologi, sebenarnya nggak ada jawaban pasti untuk apa virus ada di dunia, tapi kalau secara agama, Bu Hodijah –nama guru Biologi Syifa– bilang kalau segala sesuatu yang diciptakan Allah itu pasti mempunyai tujuannya, termasuk virus ini, salah satunya agar manusia lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan agar tidak terserang virus.

Begitupun jin, manusia, dan makhluk Allah lainnya, ada sisi baik dan buruk, tapi Allah sungguh Maha Mengetahui apa yang tidak kita ketahui, salah satunya penciptaan virus tadi :D

You May Also Like

0 komentar

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa