Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Pemilihan Duta Sanitasi Tingkat SMP di Jawa Barat Tahun 2012 Part 4

by - Tuesday, May 07, 2013


Hari ke-1 (Jumat, 6 April 2012)

Pukul 12.30 WIB, Syifa disuruh oleh pembimbing dari sekolah Syifa, Bu Mimin untuk menunggu di sekolah. Kenapa? Soalnya hari itu, Syifa bakal berangkat menuju tempat perlombaannya di Hotel Horison.

FYI, karena 6 April itu adalah hari libur, jadi di sekolah, gak ada siapa-siapa, kecuali Syifa, Mama (yang ngantar Syifa), dan penjaga sekolah (baca: satpam). Jadi, beberapa orang yang ngelewatin sekolah, agak heran dan bingung juga, 'hari libur kok ada yang sekolah?'. Haha...

Nah, Bu Mimin baru datang setengah jam kemudian, tepatnya pukul 13.05 *hafal betul*. Dari situ, Syifa sama Mama berpisah untuk beberapa hari, pesannya yang utama: 'baik-baik disana ya!'. Hehe... Setelah itu, baru deh Syifa dan Bu Mimin berangkat menggunakan mobil menuju tempat lomba. Wacananya, semua perwakilan dari Kab. Bandung Barat bakal berkumpul di Kantor Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat. Tapi, ternyata Bu Mimin dikasih info, kalau kita langsung ke Hotel Horison aja, jadi berangkatnya masing-masing gitu *padahal kalau kumpul, bisa kenalan dulu*.

Dari Cililin ke Kota Bandung itu lumayan lama juga sih, jadi saat waktunya shalat Jum'at, suami Bu Mimin yang mengendarai mobil itu berhenti dulu di dekat sebuah masjid, bareng sama Fahri, anaknya *kalau sekarang, dia adik kelas aku, kelas 7* buat melaksanakan shalat Jum'at. Jadi, di mobil bakal sedikit lebih lama lagi x_x.

Singkat cerita, kita udah tiba di Hotel Horison, *akhirnya*. Dan pas masuk, peserta yang merupakan perwakilan dari Kab. Bandung Barat udah ada yang datang. Dari situ, kita kenalan deh. Syifa sebutin one by one ya!

1. Nisa Nurfitria, perwakilan SMPN 1 Padalarang. Dia ikut Karya Poster. Waktu kenalan sama Syifa, dia pake baju sama kerudung warna ungu *kalau gak salah, ya berarti bener*.
2. Mila Nadia, perwakilan SMPN 1 Cikalongwetan. Dia sama kayak aku, ikut Karya Tulis. Pas kenalan, dia pake seragam sekolahnya dan berkacamata B-)
3. Gusvira Noerwendayah Sudiana, perwakilan SMPN 1 Lembang. Dia juga ikut Karya Tulis. Dia pakai batik sekolahnya dan berkacamata juga.
4. Melinda Muharyanti, dia satu sekolah sama Gusvira, SMPN 1 Lembang. Kalau dia, ikut Karya Poster. Pas kenalan, dia pakai batik, tapi gak pake kacamata :D

Nah, pas awal-awal sih baru 4 orang yang kenalan sama aku dari KBB. Kata Bu Mimin, ada 2 orang lagi, mungkin mereka belum datang. Tapi, ini mereka:

5. Giat Cahya Pamungkas, perwakilan SMPN 1 Cisarua. Dia itu satu-satunya cowok yang jadi perwakilan KBB, dia itu ikut Karya Poster.
6. Rina Yul(i)ani, perwakilan SMPN 1 Ngamprah. Nah, kalau dia satu-satunya siswa kelas 7 *saat itu* yang jadi perwakilan dari Kab. Bandung Barat. Soalnya, aku dan 5 teman yang lainnya, kelas 8 semua *saat itu*. Oh iya, dia ikut Karya Poster.

Setelah itu, kita mengisi daftar hadir dan mendapatkan perlengkapan buat lomba, tiap kategori lomba beda perlengkapannya lho ya!

Karya Tulis:
1. Tas
2. Poster (ada 3, Persampahan, MCK, dan Drainase)
3. Leaflet (ada 3, Persampahan, MCK, dan Drainase)
4. Buku kecil
5. 1 buah tempat pensil
6. 2 buah pulpen
7. 1 buah penggaris
8. Amplop besar yang isinya kertas folio buat menulis karya tulis nanti
9. 3 buah buku panduan. Panduan Pemilihan Duta Sanitasi, Panduan Studi Banding Penanganan Sanitasi, dan Panduan Pembekalan Kesanitasian.
10. Oh iya, hampir lupa, nametage. Di situ, ada nama sama nomor urut peserta. Di nametage-nya, nama aku "ASY SYIFA" *A-nya kurang 1* dan nomor urutnya, "KT-36" :D

Karya Poster:
1. Tas
2. Poster (ada 3, Persampahan, MCK, dan Drainase)
3. Leaflet (ada 3, Persampahan, MCK, dan Drainase)
4. 1 buah tempat pensil
5. 1 buah pensil
6. 1 buah penghapus
7. 1 buah penggaris
8. Amplop besar yang isinya kertas gambar ukuran A3 buat menggambarkan karya posternya
9. 3 buah buku panduan. Panduan Pemilihan Duta Sanitasi, Panduan Studi Banding Penanganan Sanitasi, dan Panduan Pembekalan Kesanitasian.
10. Terus ada juga nametage. Sama kayak nametage yang lain, ada nama sama nomor urut peserta. Kecuali, kalau Poster, kodenya KP bukan KT.

~Kode~
KT: Karya Tulis
KP: Karya Poster

Eh iya, yang baru dapat kamar cuma Nisa sama Mila aja, kata panitianya masih ada kamar yang belum check-out, jadi kita numpang dulu di kamar mereka berdua sambil nunggu dapat kamar sendiri. Huhuhu L Etapi, maaf ya, Syifa nggak bisa kasih foto sebelum masuk kamar, soalnya waktu itu penyakit HP-nya kambuh, low bat xD.

Setelah istirahat beberapa menit di kamar Nisa dan Mila, kita siap-siap buat mengikuti acara pembukaan di Ruang Krakatau Hotel Horison tersebut. Ada satu kejadian yang paling awkward banget pas siap-siap. Mau tahu? Baiklah, Syifa buka behind the scene-nya xD

Jadi gini, ceritanya, Syifa mau cuci muka. Sebenarnya di kamar hotelnya, nggak disediakan pembersih wajah, yang ada cuma shampoo, sabun mandi cair, pasta gigi, sabun mandi (padat) sama alat-alat mandi lainnya. Karena ada yang jail, entah siapa, Syifa malah ditunjukkin buat pakai sabun mandi cair buat cuci muka. Dan lebih lucunya, Syifa nurut aja. Hahaha…  Barulah beberapa detik kemudian, ngerasa kalau yang dipakai itu salah, dan efeknya malah kepanasan di wajah. Hahaha… Tapi syukurnya, nggak sampai bikin wajah merah xD.

Oke, lanjut ke cerita sebelumnya. Setelah benar-benar siap, kita turun ke lantai 1 buat pembukaan itu. Disana, ada banyak banget peserta dan pendamping yang sudah duduk manis di kursi yang tersedia. Syifa dan kawan-kawan lain *Giat dan Rina udah datang ya*, duduk juga sebarisan. Dan di belakangnya, ada pendamping dari Kab. Bandung Barat.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh salah satu peserta Calon Duta Sanitasi, Shinta Aghnia, kita diberikan penampilan yang memukau dari SMPN 7 Bandung. Paduan Suara SMPN 7 Bandung menyanyikan Lagu Mars Duta Sanitasi. Kerennya ampuuuuuuuuuuuuuuunnnn banget. Hehehe… Setelah Mars Duta Sanitasi, salah satu siswa SMPN 7 Bandung juga memberikan penampilan tari tradisional.

In fact, setelah acara pembukaan itu, kita kembali ke kamar masing-masing, dan akhirnya, Syifa udah punya kamar sendiri. Horeeeeee \^_^/ Kamarnya no. 519, Syifa sekamar sama Rina. Dan dari situ, kita berdua ngungsi lagi *bahasanya ngungsi banget sih* buat ngambil barang-barang dari kamarnya Nisa sama Mila. Oh iya, Melinda sama Gusvira juga udah punya kamar, nomor kamar mereka itu 521 kalau gak salah. Nah, kalau Giat, dia sekamar sama peserta dari kabupaten lain, dan waktu itu nggak tau siapa. Hahaha…

Lalu, setelah melaksanakan shalat Maghrib di kamarnya masing-masing, kita turun lagi ke lantai 1 buat makan malam dan mengikuti pembinaan untuk bekal lomba nanti. Hahhhh, kayaknya sampai disini dulu kali ya, cerita Hari ke-1 ini. Intinya, I’m so happy ^_^

You May Also Like

0 komentar

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa