Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

#MEmoryeah2014 Vaccines Young Ambassador 2014

by - Tuesday, December 30, 2014

Setelah bersemedi dari jurang kemalasan, akhirnya aku menjawab Tantangan Mincut: Menulis Kenangan di Ajang #MEmoryeah 2014. Cerita di bawah ini benar-benar memori yang nggak pernah terlupakan banget yang terjadi di 2014, kenangan yang bakal terus aku bagi dan sebarkan pengaruhnya untuk semua orang, termasuk kamu... Iya kamu, Kawancut tercintahhhh :*


September lalu, sekolahku kedatangan Bio Farma. Tau Biofarma kan? Itu lho, produsen vaksin terbesar dan satu-satunya di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Nah, tujuan Biofarma datang ke sekolahku di tanggal 25 Agustus itu adalah sebagai rangkaian kegiatan #Cool2School sekaligus mencari para siswa terpilih yang akan ikut dalam acara Pemilihan Duta Muda Vaksin Biofarma 2014.



Banyak banget acaranya, selain seminar tentang vaksin, ada juga lomba-lomba keren. Seperti Video Contest, Photo Contest, dan Twitter Contest. Semuanya seru, hadiahnya juga lebih seru, ada tongsis, earphone, flashdisk, sampai uang tunai yang kalau kata anak sekolah itu cukup buat jajan seminggu.



Acara utamanya, giliran perwakilan SMAN 1 Cililin nih unjuk presentasi di hadapan juri. Waktu itu ada 4 orang, Lu’lu, Teh Astriani, Teh Devia, dan satu lagi yang empunya blog ini *taulah ya*. Kami hanya diberikan waktu 5 menit untuk menyampaikannya, deg-degan karena aku baru bikin slide pas pagi-pagi masuk sekolah, syukurlah dikasih toleransi nggak ikut upacara hari Senin *haghag.

Aku sendiri mengambil tema 10 Things About Immunity, menjelaskan sepuluh hal yang aku ketahui soal imunitas. Beneran deh, saking mendadak persiapannya aku ngaco di poin terakhir bahwa imunitas orang Afrika lebih rendah dibanding orang Asia, padahal kan riset darimana coba? Tapi karena waktu yang terbatas, aku hanya menyampaikan 7 poin aja.


Dan... waktu pengumuman itu datang juga, aku lupa tanggal berapa tepatnya, tiba-tiba ada nomor tak dikenal masuk panggilan. Padahal waktu itu baru buka seragam selepas pulang sekolah *oke nggak usah dibayangin*, dan Alhamdulillah... aku lolos. Acipa lolos jadi finalis Duta Vaksin. Alhamdulillah ya... syesyuatu :D

Sejak hari itu, aku mulai persiapkan diri lebih baik lagi menuju tahap final. Makanya, tema presentasi aku ubah jadi 5 Reasons Why We Have To Get Vaccination. Karena aku rasa, dengan lima hal sudah dapat tersampaikan dengan baik mengingat waktu presentasinya juga hanya 5 menit.


Hari itu... akhirnya datang juga. Tanggal 9 Oktober, untuk pertama kalinya, sebagai orang Bandung, aku menginjakkan kaki di Pasteur 28, lokasi dimana Biofarma berada. Gila bok! Gedungnya gede, takjub banget, ternyata lebih menarik aslinya daripada di foto. Waahhh~



Setelah berkenalan dengan kesembilan peserta lainnya—FYI, yang menjadi finalis hanya 10 orang dari berbagai sekolah di Jawa Barat—kami mulai menjalani karantina. Di hari pertama, kami banyak dapat materi, khususnya etika dalam presentasi. Ternyata aturannya nggak segampang tampil di depan begitu aja, karena untuk ajang yang satu ini kami benar-benar menjadi seorang ambassador yang kompeten.




Seneng banget bisa punya kenalan, ada Teh Ghina, Aliya, Sylvia, Rara, Rahma, Iis, Nadia, Jalu, dan Toma. Walaupun dikatakan sedikit, inilah yang menarik, kami jadi mudah berinteraksi satu sama lainnya.

Hari kedua ini adalah hari intinya, dimana kami akan mempresentasikan tema yang sudah diambil masing-masing. Namun sebelumnya, ada acara touring jelajah Biofarma dulu dong. Dan ternyata... luasnya itu luas bangeeet. Kalau kamu hanya lihat satu gedung utama di depan, mungkin kamu bakal takjub saat lihat gedung-gedung di balik semuanya. Di sanalah vaksin dibuat, vaksin yang kita pakai dan sudah diedarkan sampai ke lebih dari 130 negara di dunia itu. Kita, sebagai orang Indonesia, harus bangga dong punya produsen vaksin segede itu.




Lalu, setelah materi dinamika kelompok, dimulailah acara inti itu. Dan aku, dapat nomor urut 8 untuk menampilkan presentasiku. Senang banget karena semua berjalan dengan lancar, walau yah... sedikit kekurangan karena grammar bahasa Inggrisku rada salah. Hahaha... belagu sih!





Jeng jeng... hari ketiga setelah dirias cantik, kami diboyong menuju Gedung Sabuga ITB. Disana, selain acara penobatan juara Duta Muda Vaksin, ternyata berlangsung juga Family Gathering sebagai ulang tahun Biofarma yang ke-124. Hap, sampai situ aja rasanya udah seneng, karena secara nggak langsung aku dan teman-teman finalis udah jadi bagian keluarga besar ini. Subhanallah~




Artis yang tampil juga nggak kalah keren, ada Sandrina, Ungu, Teh Tike yang jadi MC, dan masih banyak lagi. Hingga akhirnya... tibalah acara Awarding itu. Deg-degannya nggak kerasa lagi karena udah deg-degan dan kebelet dari awal. Dan nggak nyangka aja, pas diumumkan 3 Besar aku dipanggil juga. Alhamdulillah-nya lagi, aku meraih Juara 3 Duta Muda Vaksin 2014.


Persembahan ini untuk semua orang yang sudah dukung aku, salah satunya adalah teman-teman Kancut Keblenger yang secara nggak langsung memotivasi aku dalam hal menulis artikel pas tahap pemilihan di sekolah. Terimakasih untuk kenangan dan memori yang pernah terjadi di 2014 ini ya. Dan buat Kawancut, yang belum divaksin, ayo divaksin sekarang sebelum semua terlambat. Psst, ada vaksin Flubio juga lho yang dapat mencegah kita dari Influenza. Psst lagi, ada subsidi kalau kamu bilang temennya Asyifa, haha *canda ding*. Semoga dengan ini, aku bisa mengemban tugas untuk mengajak lebih banyak orang agar sadar vaksin. Biofarma? Vaksin bangeeet. Kawancut? Kancut bangeeett :D

by.asysyifaahs♥

You May Also Like

30 komentar

  1. siswi berprestasi, congratz yah :D

    ReplyDelete
  2. wih bikin iri.. ajarin etika dalam presentasi dong duta

    ReplyDelete
  3. ah keren banget :D bisa jadi post sendiri kayaknya tuh etika presentasinya :p

    ReplyDelete
  4. YOK YOK YOK NULIS MEMORY SEKALIAN SAPA TAU MENANG ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Memori kayak gini tuh jadi semacam kaleidoskop tahun :D

      Delete
  5. asikkkk juara 3, selamat yaaaa.. teruskan nak.. :)

    ReplyDelete
  6. wah mantap.. terus berkarya. masa Sekolah adalah masa2 emas..

    intip punya gue ya http://antsomenia.blogspot.com/2014/12/hari-dimana-aku-melihat-kalian-lagi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! Sayang kalau nggak dimanfaatin dengan baik :D

      Delete
  7. keren-keren...
    salam kenal yaa. kalo berkenan visit back ke katamiqhnur.com juga yaa...
    :D

    ReplyDelete
  8. weeees keren banget.. duta Vaksin bro.. congrats ya buat kamu.. ;D salute deh ;D two thumbs up!

    ReplyDelete
  9. Cantik, berprestasi pula. Paket lengkap ini mah ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, Kakak orang ke 737623489032,98 yang bilang aku cantik nih :D

      Delete
  10. wah keren banget sihhh, bikin iri... congratss yaa :)

    ReplyDelete
  11. keren keren keren :3
    congratulation ya ^_^

    ReplyDelete
  12. Ih Syifa diliat-liat makin aktif ikut-ikut kegiatan nih. Sukses terus Syifaaa.
    Kamu ini sebenarnya orang Cililin atau Bandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, aku nyibuk-nyibukkin diri sendiri Kak :D

      Asli Cililin sih :D

      Delete
  13. mantap bingit nih. siswi berprestasi. bisa sekalian jalan-jalan gratis lagi. semoga kedepan bisa lebih berprestasi lagi ya.

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa