Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Arr Rian's Giveaway: Belanja Online

by - Monday, June 17, 2013

Sumber: nyunyu.com


Berbicara mengenai ONLINE SHOP, what do you think? Hmm... Kayaknya sih berhubungan dengan toko, internet, media sosial, jarak jauh, dan lain-lain. Ah, kalau Syifa sih mikirnya nggak aneh-aneh, yang keinget TOKO MAYA. Bukan Kak Maya, tapi Maya dalam artian antonim dari Nyata, bisa dibilang SEMU juga sih. Nggak ngerti ya? Abaikan!

Entah kenapa saat ada acara Arr Rian's Giveaway, jadi semangat nulis tentang cerita berbelanja online shop. Keinget dulu pertama kalinya waktu masih kelas 7 SMP udah berani beli barang yang nggak ketemuan langsung sama si penjual. Hehe...

Lihat ada temen sekelas yang beli barang di online shop, aku mulai coba-coba beraniin diri melakukan hal yang sama. Kalau dia kan belinya baju, nah aku sih lebih berminat ke buku. Dari situ, mulai browsing tobuk online yang ngasih harga buku paliiinnggg murah diantara tobuk-tobuk lainnya.

Akhirnya dapatlah toko buku yang ngasih harga murah. Kalau nggak salah sekitar 40.000-an. Lagian untuk ongkirnya juga nggak mahal kok. Kalau diitung-itung sih semua biayanya cukup dengan Rp. 50.000,- aja.

Nah dari situ, setelah bercincong ria dengan ownernya, aku mulai mutusin buat fix beli disana. Eh iya, hampir lupa kan apa nama tokonya. Apa ya lupa lagi... Pokoknya ada kata 'buku' di namanya itu. Tokonya juga punya website, belum website dot com sih, masih ada tambahan blogspot-nyah.

Jadi kata ownernya, setelah aku memilih buku yang akan dibeli, aku tinggal transfer aja uangnya (uang untuk buku juga ongkos kirim). Kebetulan lagi, bank yang ditunjuk adalah Bank Mandiri. Aku sih punya rekeningnya di BRI, akhirnya dimintalah ATM Mamah. Haha...

Aku sempet ditanya macem-macem sama Mamah. Malah hampir dimarahin juga gegara aku bilang kalau aku mau beli barang di OS. Mamah nggak percaya, khawatir kalau ini penipuan dan semacamnya. Aku berusaha bikin Mamah percaya kalau ini trusted seller *padahal aku belum tau juga sih*. Terus juga, janji ke Mamah buat balikkin uangnya.

Oke ini adalah keputusan aku buat milih. Akhirnya, Mamah nyerah dan ngasih aku kartu ATM-nya. ''Ingat! Cuma 50 ribu, nggak lebih, tapi boleh kurang!'' Ih licik, masa iya boleh kurang x_x Dan...Setelah aku transfer uang sejumlah Rp. 50.000,- itu aku konfirmasi juga ke ownernya. Ngasih bukti foto dan lainnya... Katanya sih mau dikirim secepatnya, kemungkinan 3 atau 4 hari bisa mendarat ke rumah aku.

Namun hal yang nggak aku harapkan terjadi juga. Setelah hampir 3 minggu dari pengiriman itu, nggak ada kabar dari owner toko buku online tersebut. Aku sih nggak su'udzon, cuma aja was-was gimana gitu.

Lama kelamaan setelah menghubungi kontak HP dan email-nya, nggak ada balasan, aku mulai yakin kalau OS itu NOT TRUSTED SELLER. Nggak bisa dipercaya. Lari dari konsumen. Dan meninggalkan secercah harapan tak berarti *ngelantur banget*.

Itulah yang bikin aku kecewa sama OS tersebut. Emang sih jumlah uang yang aku transfer nggak banyak. Tapi, yang namanya penipuan, tetap aja penipuan. Seberapapun besarnya uang, bahkan uang 100 rupiah aja, itu bisa disebut penipuan atau pembohongan atau pendustaan atau apalah itu. Dari kejadian itu, aku nggak percaya lagi sama online shop-online shop yang menjamur bak di musim hujan akhir-akhir ini, terlalu terpukul sama kejadian pembelian online.

Namun walaupun 'ketidak-percayaan' aku itu agak berlebihan, setidaknya aku bisa protektif agar supaya biar lebih hati-hati dan aware lagi terhadap penipuan-penipuan gitu. Nggak cuma pembelian di online shop, apapun itu, aku musti selalu waspada. Haha...

Emang sih suatu saat mungkin aku bisa aja butuh sama barang yang dijual di online shop. Tapi, yaaa begitulah, kayaknya harus lebih hati-hati biar nggak ada acara penipuan gitu lagi. Lagian, kalau bisa beli di tempat yang dekat, kenapa harus beli di online? Hihi...

Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian's Giveaway




You May Also Like

2 komentar

  1. Hebat masih SMP udah berani beli online dan berakhir pada kejadian yang tidak diinginkan. semoga adahikmah di sana.

    Terima Kasih Syifaa sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway!

    Yes! Tercatat sebagai peserta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Iya, semoga ada hikmahnya :)

      Oke Kak. Mmm... Panggilnya SYIFA Kak, A-nya 1. Hehe...

      Semoga sukses GA-nya :)

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa